Berat badan lahir pdf

Pengaruh kadar haemogloin ibu terhadap kejadian BBLR Anemia dapat didefenisikan sebagai kondisi dengan kadar Hb berada dibawah normal. Pemeriksaan antenatal yang teratur akan memberikan kesempatan untuk dapat mendiagnosis secara dini masalah-masalah yang dapat menyulitkan kehamilan maupun persalinan, sehingga dapat dilakukan tindakan yang tepat secepatnya.

Artikel Jurnal Bblr Pdf

Hal ini penting untuk memudahkan pengawasan mengenai keadan umum, perubahan tingkah laku, warna kulit, pernapasan, kejang dan sebagainya sehingga penyakit yang diderita dapat dikenal sedini mungkin dan tindakan serta pengobatan dapat dilaksanakan secepat-cepatnya.

Pendapatan yang rendah akan menyulitkan seorang ibu untuk memenuhi kebutuhan bayi terutama dalam hal gizi. Aksi vasokonstriksi dan nikotin menyebabkan menurunnya perfusi darah ke plasenta. Kehamilan yang berulang akan mengakibatkan kerusakan pada pembuluh darah dinding uterus yang mempengaruhi berat badan lahir pdf nutrisi ke janin dimana jumlah nutrisi akan berkurang bila dibandingkan dengan kehamilan sebelumnya.

Belum matangnya fungsi mekanis dari saluran pencernaan. Keadaan sosial ekonomi: Perawatan kulit Kulit bayi prematur sangat imatur dibandingkan bayi yang cukup bulan.

Ikterus dapat diperberat oleh polisetemia, memar hemolisias dan infeksi karena hperbilirubinemia dapat menyebabkan kernikterus maka wama bayi harus sering dicatat dan bilirubin diperiksa, bila ikterus muncul dini atau lebih cepat bertambah coklat.

Dengan demikian bayi preterm mempunyai peningkatan potensi terhadap hipoglikemia, rikets dan anemia. Ibu dengan pendidikan yang cukup akan melakukan hal-hal yang diperlukan oleh bayi. Pengamatan Lebih Lanjut Bila bayi berat lahir rendah dapat mengatasi problematik yang dideritanya perlu diamati selanjutnya oleh karena kemungkinan bayi ini akan mengalami gangguan pendengaran, penglihatan, kognitif, fungsi motor susunan saraf pusat dan penyakit penyakit seperti Hidrosefalus, Cerebral palsy dan sebagainya.

Perdarahan dalam otak Pembuluh darah bayi BBLR masih rapuh dan mudah pecah Sering mengalami gangguan pernapasan, sehingga memudahkan terjadinya perdarahan dalam otak Perdarahan dalam otak memperburuk keadaan dan menyebabkan kematian bayi Pemberian O2 belum mampu diatur sehingga mempermudah terjadi perdarahan dan nekrosis.

Asuhan Keperawatan (ASKEP) Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) lengkap, doc dan pdf

Komplikasi menurut Mitayani,ada beberapa komplikasi yang dapat muncul bila tidak mendapat penanganan yang tepat dengan cepat: Pengaruh penyakit yang diderita ibu terhadap kejadian BBLR Beberapa jenis penyakit baik secara langsung maupun tidak langsung dapat mempengaruhi sirkulasi darah janin.

Merokok menyebabkan menurunnya selera makan ibu sehingga asupan energi ibu hamil berkurang, walaupun ada beberapa ibu perokok yang selera makannya tidak berubah. Dengan cara ini suhu kulit bayi dapat dipertahankan pada derajat yang telah ditetapkan sebelumnya.

Suhu inkubator dapat diturunkan 1 0C per minggu untuk bayi dengan berat badan gram dan secara berangsur — angsur ia dapat diletakkan didalam tempat tidur bayi dengan suhu lingkungan 27 0C 0C.

Oleh karena itu, bayi BBLR tidak boleh kontak dengan penderita infeksi dalam bentuk apapun. Kekurangan zat besi dapat menimbulkan gangguan atau hambatan pada pertumbuhan janin baik sel tubuh maupun sel otak. Pada masa kehamilan seorang ibu memerlukan makanan lebih banyak dibandingkan wanita tidak hamil.

Beberapa penulis mengemukakan bahwa ibu hamil yang merokok lebih sering melahirkan bayi yang lebih kecil dibanding ibu hamil yang tidak merokok. Ibu hamil peminum alkohol mempunyai risiko untuk melahirkan bayi dengan fetal alcohol syndrome.

Jadi bayi laki-laki seringkali lebih berat dari bayi perempuan. Bayi BBLR sangat mudah mendapat infeksi. Di Indonesia anemia umumnya disebabkan oleh kekurangan zat besi, sehingga lebih dikenal dengan istilah Anemia Gizi Besi. Potensial untuk kehilangan panas akibat luasnya permukaan tubuh dibandingkan dengan berat badan, dan sedikitnya lemak pada jaringan bawah kulit memberikan insulasi.

Hal ini jelas berpengaruh positif terhadap pertumbuhan janin dalam kandungannya. Untuk mencegah hypotermi, perlu diusahakan lingkungan yang cukup hangat untuk bayi dan dalam keadaan istrahat konsumsi oksigen paling sedikit, sehingga suhu tubuh bayi tetap normal.

Mc Carthy dan Maine menunjukkan bahwa angka kematian ibu dapat diturunkan secara tidak langsung dengan memperbaiki status sosial ekonomi yang mempunyai efek terhadap salah satu dari seluruh faktor langsung yaitu perilaku kesehatan dan perilaku reproduksi, status kesehatan dan keterjangkauan pelayanan kesehatan.

Penggunaan perekat setelah penusukan tumit atau untuk melekatkan alat pemantau atau infus IV dapat eksoriasi kulit atau menempel erat pada permukaan kulit sehingga epidermis dapat terkelupas dari dermis dan tertarik bersama plester sama sekali tidak aman menggunakan gunting untuk mengelupas balutan atau plester dari ekstremitas bayi imatur yang sangat kecil, karena bis memotong ekstremitas yang kecil tersebut atau melepas klit yang terikat longgar.

ASI juga dapat dikeluaekan dan diberikan pada bayi yang tidak cukup mengisap. Usia ibu: Bayi dalam inkubator hanya dipakaikan popok. Infeksi lokal bayi cepat menjalar menjadi infeksi umum. Selain itu dengan pendidikan dan informasi cukup yang dimiliki ibu diharapkan pelaksanaan Keluarga Berencana dapat berhasil sehingga dapat membatasi jumlah anak, menjarangkan kehamilan, dan dapat menunda kehamilan jika menikah pada usia muda.

Hal ini dapat diterangkan bahwa pada setiap kehamilan yang disusul dengan persalinan akan menyebabkan perubahan-perubahan pada uterus. Karena sangat sensitif dan rapuh, maka sabun yang berbasis alkalis yang dapat merusakmantel asam tidak boleh digunakan.

Karbonmonoksida dan inaktifasi fungsionalnya pada hemoglobin janin dan ibu.

Berat Badan & Tinggi Normal Bayi Baru Lahir

Manifestasi klinis yang lain yaitu: Fungsi perawatan disini adalah memberi perlindungan terhadap bayi BBLR dari infeksi.

Menurut Kloosterman perbedaan ini dapat mencapai gram pada kehamilan 40 minggu.Berat lahir adalah berat bayi yang ditimbang dalam jangka waktu 1 jam pertama setelah lahir.

Klasifikasi menurut berat lahir adalah Bayi Berat Lahir Rendah (BBLR) yaitu berat lahir berat lahir normal dengan berat lahir gram dan bayi berat lahir lebih dengan berat badan > gram (Sylviati, ). Berat Badan & Tinggi Normal Bayi Baru Lahir Author: Ola Rain Cimeng.

3 downloads 65 Views KB Size. Report. vsfmorocco.com Recommend Documents. Bayi Baru Lahir (BBL) Normal. FISIOLOGI BAYI BARU LAHIR NORMAL. BBL Normal askep bayi baru lahir normal. Penambahan berat badan ibu hamil relatif lebih tinggi pada status sosial ekonomi tinggi daripada status sosial ekonomi rendah.

Prevalensi berat lahir rendah lebih tinggi di antara ibu dari status sosial ekonomi rendah. Penting bagi wanita hamil untuk memperhatikan status gizi pada awal kehamilan dan pertambahan berat badan.

Berat badan lahir rendah (BBLR) Merupakan bayi (neonatus) yang lahir dengan memiliki berat badan kurang dari gram atau sampai dengan gram.

(Hidayat, ). Bayi Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) adalah bayi yang lahir dengan berat badan kurang dari gram tanpa memperhatikan usia gestasi (Wong, ).Author: Doni Ice.

pantiawati (, h.1) mengatakan BBLR adalah bayi dengan berat badan lahir kurang dari gram. BBLR merupakan bayi yang lahir dengan berat badan kurang dari gram tanpa memandang masa kehamilan, sedangkan menurut Surasmi et all (, h) mengatakan BBLR adalah bayi yang lahir dengan berat badan kurang atau sama dengan gram.

Berat lahir bayi, khususnya bayi dengan berat badan lahir rendah, merupakan masalah gizi intergenerasi yang akan mempengaruhi kualitas kesehatan sepanjang daur kehidupan seorang manusia.

Berat badan lahir pdf
Rated 3/5 based on 17 review