Pada saat peluru akan ditolakkan berat badan bertumpu pada kaki

Peluru dipegang dengan tangan kanan, cara memegang peluru dapat dipilih sendiri c. Gerakkan setelah menolak Saat peluru lepas dari tangan, seluruh badan dijulurkan kedepan arah sasaran. Menolak peluru dengan satu tangan 1 Peganglah peluru dengan tangan kanan dan letakkan dileher. Selanjutnya dagu diangkat dan pandangan tertuju ke arah tolakan.

Kaki kanan bertumpu dengan seluruh tanpak kaki pada pusat lingkaran. Berat peluru disesuaikan dengan penggunanya, antara lain: Pandangan tertuju ke arah tolakan. Kaki kanan pada saat itu ditolakkan dan mendarat pada kira — kira pertengahan lingkaran.

Jadi saat menolak tidak dilakukan dengan melompat,dimana kedua kaki sama-sama melayang lepas dari tanah. Gerakkan diturunkan meluruskan kaki kiri dengan kuat, dan saat itu pula lengan kanan diturunkan untuk menolakkan peluru, didertai dengan lecutan pergelanngan tangan dan jari-jari terutama jari telunjuk, tengan dan jari manis.

Hal ini penting karena tidak semua orang menyenangi olahraga ini. Badan dicondongkan ke kanan dan ke belakang, diputar ke kiri c. Tangan kanan memegang peluru pada bahu pundaktangan kiri dengan sikut dibengkokkan berada di depan sedikit agak serong ke atas lemas.

Share this: Tolak peluru kelihatan mudah, namun sangat sulit untuk mendapatkan tolakan yang jauh. Sikap Badan Setelah Menolak Peluru walpaperhd Cara memegang peluru, sikap badan saat akan menolakkan peluru, cara menolakkan peluru, dan sikap badan setelah menolakkan peluru.

Teknik Dasar Olahraga Tolak Peluru yang Benar

Kaki kiri mendarat lebih cepat sedikit dan diletakkan 10 cm sebelum balok e. Unknown Juni 21, Tolak peluru termasuk nomor lempar. Gaya Ortodock ialah gaya dalam tolak peluru yang dilakukan dengan cara mengambil awalan menyamping pada saat melakukan tolakan.

Jari-jari renggang. Jari-jari tangan direnggangkan atau dibuka, digunakan untuk menaham dan memegang peluru bagian belakang.

Tolak Peluru Pengertian, Ukuran, Teknik Dasar dan Gaya

Caranya ialah: Dipanggil selama 3 menit belum menolak, 5. Kaki masih sejajar. Pengertian Tolak Peluru Tolak peluru adalah salah satu cabang olahraga atletik dalam nomor lempar.

Diameter bagian dalam lingkaran tolak adalah 2, m.

2 Gaya Dalam Tolak Peluru

Setelah ayunan kaki kiri yang merupakan awalan kemudian kaki kanan ditekuk lebih pendek. Sudut lemparan lebih dari 40 derajat lengan kanan diluruskan sekuat — kuatnya g. Cara meletakkan peluru di bahu Sebenarnya peluru itu tidak benar-benar diletakkan diatas bahu pundaktetapi agak turun kedepan melekat pada pangkal leher.

Cara Memegang Peluru sinta-sport. Tolakan dilakukan dengan koordinasi bantuan dorong kaki belakang. Dengan permainan, pembelajaran berlangsung secara kondusif. Keseimbangan a.

Tolak Peluru (Atletik)

Cara melakukan gerakan dan sikap badan setelah menolakkan peluru adalah sebagai berikut. Tolak peluru merupakan event olimpiade modern asli yang diadakan di Athena, Yunani tahun Permukaan dalam lingkaran tolak harus datar antara 20 mm-6 mm lebih rendah dari bibir atas lingkaran besi.

Bersamaan dengan memutar badan ke arah tolak, siku ditarik serong ke atas belakang ke arah samping kiri. Bersamaan dengan memutar badan ke arah tolakan, siku ditarik serong ke atas ke belakang ke arah samping kiripinggul dan pinggang serta perut di dorong ke depan agak ke atas hingga dada terbuka menghadap ke depan serong ke atas ke arah tolakan.

Untuk menggunakan cara ini penolak harus memiliki jari jari yang kuat dan panjang. Peluru dipegang dengan tangan kanan.

Tahapan Cara Melakukan Tolak Peluru Dengan Benar

Bersamaan dengan bantuan menolakkan kaki kanan dan melonjakkan seluruh badan ke atas serong ke depan. Keluar masuk lingkaran dari muka garis tengah, 4. Pada olahraga ini terdapat 2 gaya tolak peluru yang banyak dilakukan oleh atlet tolak peluru agar mempunyai tolakan yang jauh dan maksimal. Sebagian besar berat badan bertumpu pada kaki kanan.

· Berat badan berada pada kaki kanan, badan agak condong ke samping kanan. Tangan kanan memegang peluru pada bahu (pundak), tangan kiri dengan sikut dibengkokkan berada di depan sedikit agak serong ke atas lemas. Tangan kiri berfungsi untuk membantu dan menjaga keseimbangan. Pandangan tertuju ke arah tolakan.5/5.

Menurut Eddy Purnomo (), di dalam olahraga tolak peluru power position dicapai setelah gerakan pelurusan dan pemutaran kaki kanan pada saat kaki kiri mendarat pada pinggir depan lingkaran tolakan, sedangkan peluru masih dibelakang kaki kanan.

Sikap power position adalah berat badan berada pada kaki kanan, dan lutut kaki kanan ditekuk. Tumit kaki kanan dan jari kaki kiri segaris. 1. Pada saat peluru akan ditolakkan, berat badan bertumpu pada kaki A. Depan B. Kanan C. Belakang D. Kiri 2. Jika peserta lompat jauh kurang dari 8 orang, setiap orang berhak melakukan lompatan sebanyak.

Berat badan berada pada kaki kanan dengan pandangan mata ke depan. 2) Tangan kanan memegang peluru yang diletakkan di atas bahu kanan menempel pada rahang, sedangkan tangan kiri diangkat ditekuk di depan wajah kiri berfungsi untuk menjaga keseimbangan tubuh.

Pada saat kaki kiri menempel pada balok tolakan, segera badan diputar kea rah kiri depan dengan bersamaan pinggul didorong ke depan, bersamaan pula dengan peluru ditolakkan sampai tangan lurus ke depan atas dibantu dengan tolakan kaki kanan dan tenaga seluruh badan, setelah peluru lepas, segera tempat kaki kiri digantung dengan kaki kanan, kaki kiri terangkat lemas ke belakang untuk.

Tahap ini berat badan bertumpu pada kaki kanan tangan kiri lurus rileks berada di depan untuk menjaga keseimbangan. 4. Menolakkan peluru Pada tahap ini merupakan kunci dari hasil jauhnya hasil tolakan. Menolak peluru di awali dengan memutar badan ke arah tolakan.

Langkah-langkah melakukan gaya ortodoks (menyamping) pada olahraga tolak peluru

siku ditarik serong ke atas belakang (ke arah samping kiri) dengan pinggul, pinggang, dan perut didorong ke depan agak ke atas.

Pada saat peluru akan ditolakkan berat badan bertumpu pada kaki
Rated 4/5 based on 45 review