Patofisiologi terjadinya obesitas pdf

Etologi Obesitas 1.

PATOFISIOLOGI OBESITAS

Tabel 2. Di Amerika Serikat, sekitar sepertiga penduduk usia 20 sampai 74 tahun tergolong dalam kelompok obes.

Kadar kolesterol total berkisar antara Hal ini dimungkinkan karena pada saat ibu yang obesitas sedang hamil maka unsur sel lemak yang berjumlah besar dan melebihi ukuran normal, secara otomatis akan diturunkan kepada sang bayi selama dalam kandungan. Pada subjek normal kadar leptin didalam sirkulasiproporsional dengan simpanan lemak dan Indeks Massa Tubuh.

Pada masa anak-anak dan dewasa, asupan energy bergantung pada diet seseorang. NPY juga merangsang simpanan dan sintesis lemak melalui rangsangan terhadap enzim lipoprotein lipase didalam jaringan adiposa.

Sebagian lemak jenuh dalam diet berasal dari lemak daging sapi, daging babi, daging kambing, unggas dan jeroannya serta minyak kelapa dan mentega. Uncoupled Protein-2 terbentuk baik didalam lemak coklat maupun lemak putih dan mengalami upregulasi bila tikus banyak makan makanan yang tinggi kandungan lemak.

Obesitas ditandai dengan peningkatan jaringan adiposa subkutan. Dislipidemia berat sebagian besar disebabkan oleh hiperkolesterolemia familial dan dislipidemia remnan. Peranan LDL antara lain kemampuan sebagai antioksidan, mennghambat migrasi monosit dan sebagai anti inflamasi.

Gambaran patofisiologi dislipidemia. Mekanisme ini dirangsang oleh respon metabolic yang berpusat pada hipotalamus. Elsevier ; pp Sensor terhadap simpanan energi didalam jaringan adiposa b. Periode apnoe atau hipopnoe okstruktif ini disebabkan karena penutupan sempurna atau sebagian dari aliran udara faring.

Kedua proses ini berintegrasi untuk menentukan besarnya asupan makanan dan energi yang dikeluarkan. Obesitas adalah deposisi lemak yang berlebih di dalam jaringan lemak sebagai akibat dari makan yang banyak melebihi keperluan pemakaian energi.

Obesitas (Kegemukan)

Sistem Eferen Merupakan sistem yang menerima sinyal yang diberikan neuron orde pertama dari hipotalamus untuk mengontrol asupan makanan dan penggunaan energi. Dalam the Nurses Health Study, risiko infark miokard fatal dan non fatal lebih besar pada wanita yang mempunyai IMT yang terendah tapi dengan rasio lingkar perut-paha yang paling tinggi dibandingkan dengan wanita dengan IMT tertinggi namun dengan rasio lingkar perut-paha terendah.

Hormon ini bekerja pada reseptor CCK-A didalam saluran cerna untuk menurunkan asupan makan. Diabetes Melitus tipe 2 Peningkatan yang tajam dari prevalensi obesitas memainkan peran penting dalam terjadinya peningkatan prevalensi diabetes selama 20 tahun terakhir di Amerika Serikat.

Dislipidemia remnan. Secara garis besar, sistem pengaturan homeostasis energi tersebut dapat dibagi menjadi tiga komponen, yaitu: Pada wanita kelebihan lemak tubuh biasanya tersebar sebagai lemak subkutan di daerah paha, bokong dan payudara, sementara pada laki-laki kelebihan lemak tubuh terutama tersimpan didalam rongga abdomen sebagai lemak subkutan abdominal.

Ghrelin mengatur aksis hormon hipofisis, metabolisme karbohidrat dan berbagai fungsi yang berbeda dari ginjal, jantung, jaringan adiposa, pankreas dan gonad. Dislipidemia juga berkaitan dengan penyakit kencing manis atau diabetes mellitus DM dimana pada penderita DM kadar gula dalam darah akan melebihi normal.

Kilomikron ini akan masuk ke saluran limfe dan akan masuk ke dalam aliran darah. Pemberian ghrelin jangka panjang meningkatkan asupan makan disamping menurunkan pengeluaran energi, dengan akibat meningkatkan berat badan dan risiko terjadinya obesitas.

patofisiologi obesitas

Akan tetapi mutasi ini jarang sekali terjadi. Kondisi tersebut disebabkan oleh peran mesin-mesin serba otomatis yang menggantikan hampir semua pekerjaan manusia.

LTM- Etiologi Dan Patofisiologi Obesitas

Penelitian dalam fisiologi dan patofisiologi obesitas diharapkan dapat membuka peluang pengembangan strategi pencegahan dan penatalaksanaan terhadap obesitas.

Namun masih terdapat berbagai neuropeptida lain yang dapat meningkatkan nafsu makan, antara lain: Trigliserid yang tinggi dapat menyebabkan peningkatan fibrinogen, faktor pembekuan dan viscositas darah. Tigliserida dan kolesterol dalam usus halus akan diserap ke dalam mukosa usus halus.

Di Provinsi Punjab India, prevalensi BB berlebih dan obesitas lebih tinggi pada wanita perkotaan dibandingkan wanita pedesaan. Jalur neurohumoral di hipotalamus hipotalamus yang mengatur kesetimbangan energi. Mekanisme penyampaian informasi ke pusat kendali di hipothalamus. Niasin dapat menurunkan kadar kolesterol darah dengan jalan menurunkan produksi VLDL di dalam hati sehingga produksi kolesterol total, LDL dan trigliserida menurun.

Proses aterosklerosis dapat terjadi pada pembuluh darah penis arteri dosal penis plak yang menyumbat pembuluh darah penis akan menyebabkan penis tidak mendapat aliran darah sehingga mengganggu terjadinya ereksi.

· Bagaimana menurunkan atau menaikkan berat badan ideal, tanpa olah raga dan tanpa diet ketat? Ikutilah program smart detox, program ini dilakukan selama 10 ha Author: cara menurunkan berat badan.

hipertensi, hiperkolesterolemia, obesitas, merokok, dan kepribadian merupakan faktor-faktor penting yang harus diketahui. Kerusakan ini menyebabkan sel endotel menghasilkan cell adhesion. Terjadinya obesitas lebih ditentukan oleh terlalu banyaknya makan, terlalu sedikitnya aktivitas atau latihan fisik, maupun keduanya (Misnadierly, ).

Dengan demikian tiap orang perlu memperhatikan banyaknya masukan makanan (disesuaikan dengan kebutuhan tenaga sehari-hari) dan aktivitas fisik yang dilakukan. Perhatian lebih besar mengenai kedua hal ini terutama diperlukan bagi mereka yang.

patofisiologi obesitas Nurul Widdad Pada bayi (infant),penumpukan lemak terjadi akibat pemberian makanan pendamping ASI yang terlalu dini,terutama apabila makanan tersebut memiliki kandungan karbohidrat, lemak, dan protein yangtinggi. penyuluhan tentang obesitas oleh Khulaida FH - FKUJ)Full description.

Leaflet Obesitas. obesitas. · patofisiologi obesitas Definisi: Obesitas adalah deposisi lemak yang berlebih di dalam jaringan lemak sebagai akibat dari makan yang banyak melebihi keperluan pemakaian energi.

Patofisiologi terjadinya obesitas pdf
Rated 4/5 based on 17 review